PUISI


Puisi merupakan sebagaian dari karya sastra yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dengan singkat, padu dan indah. Dari ulasan mengenai puisi diatas diharapkan suatu karya sastra haruslah dikembangkan di kalangan masyarakat itu sendiri, dan diantaranya puisi juga diperlombakan dalam suatu perlombaan pramuka yang dikenal dengan sebutan Lomba Tingkat atau sering diebut juga LT. Mungkin banyak yang menyangkal mengapa di suatu perlombaan pramuka terdapat lomba puisi, memang benar mengenai hal itu tetapi jika dibuktikan puisi mempunyai suatu kegunaan yakni dapat melatih keberanian dari sang pembaca itu sendiri karena pembaca puisi tersebut dituntut agar mampu tampil optimal didepan semua penonton tanpa ragu dan selalu beroptimis.
Tidak hanya itu saja kegunaan dari puisi itu sendiri, bahkan yang lebih bermanfaat adalah kegunaan bagi sekelompok masyarakat yang mendengarkan kata – kata indah dalam puisi karena dalam kata – kata puisi terdapat suatu makna kiasan yang menyenangkan dan membuat hati menyenangkan. Oleh karenanya, puisi juga wajib diapresiasikan dalam bentuk karya sastra budaya Indonesia.
Di dalam Lomba Tingkat ini, puisi yang harus dipertunjukkan yakni puisi “Krawang Bekasi” karya Chairul Anwar dan puisi “Pahlawan Tak dikenal” karya Toto Sudarto. Puisi ini menggambarkan suatu pengorbanan dari seorang pahlawan dan dilengkapi pembawaan dari masing – masing pembaca dengan penuh espresi mimik yang menegangkan. Puisi juga sebagian bentuk dari suara hati yang terdalam dari sang penyair. Seorang penyair haruslah benar – benar mengerti apa maksud dari puisi yang akan dibuatnya.
Pengetahuan tentang lomba puisi cukup sampai disini saja, karena mungkin semua sudah faham dan mengerti akan makna dari puisi. Oleh karenanya disini sekarang akan membahas tentang konsep mengapa penting puisi itu ada.
.

2 komentar:

Mawar Team mengatakan...

laen kali ,,,,kasi tentg cpa yg bca puisi ,,,,,,jangan" orange cantik lagi....

Mawar Team mengatakan...

yaanng bacccaaa kooqq ennggaak ENNNAKK dilihat zaaaaa,,,,,,,,,,,,,,,,

Template by: Aaslin sathrak - BESTBLOG