PENGAMATAN


Pengamatan merupakan suatu tugas yang dilakukan dengan cara mengamati suatu kegiatan atau hal-hal lainya yang nantinya hasil dari pengamatan tersebut disusun dalam sebuah laporan dan laporan dari sebuah pengamatan harus memenuhi beberapa persyaratan. Dan syarat utamanya adalah dalam sebuah laporan bahasa yang digunakan adalah bahasa baku, selain itu penulisan dalam sebuah laporan juga harus diperhatikan agar laporan tersebut menjadi laporan yang sempurna sehingga membuat banyak orang tertarik untuk membacanya. Dalam sebuah laporan pengamatan harus mengandung beberapa unsur diantaranya adalah:Latar BelakangRumusan masalahTujuan PengamatanManfaat PengamatanSubyek Pengamatan Tempat dan WaktuDeskripsi hasil pengematan KesimpulanSaranPenutupLaporan pengamatan juga harus mengandung 5W + 1H, dan informasi tersebut bisa diperoleh dari hasil pengamatan sendiri ataupun dari hasil wawancara. Dan berikut adala uraian dari unsur-unsur sebuah laporan :
Latar BelakangDalam latar belakang hal-hal yang perlu dicantumkan adalah kenapa,mengapa.dan bagaimana. Selain itu latar belakang juga menjelaskan hal-hal apa saja yang mendorong kegiatan tersebut dilaksanakan.Rumusan Masalahpenulisan dalam rumusan masalah adalah berupa pertanyaan dari latar belakang yang tadi sudah ditulis.Tujuan Pengamatandalam penulisan tujuan pengamatan menjelaskan untuk apa kegiatan itu dilaksanakan atau tujuan pengamatan adalah berupa jawaban dari rumusan masalah. Jika dalam rumusan masalah dicantumkan tiga pertanyaan maka dalam penulisan tujuan pengamatan juga harus ditulis tiga tujuan dari kegiatan tersebut.Manfaat PengamatanDalam penulisan manfaat pengamatan dijelaskan untuk siapa kegiatan itu bermanfaat.Subyek Pengamatansubyek pengamatan berupa siapa atau apa yang diamati tadi dijelaskan dalam sebuah laporan.Tempat dan WaktuBerupa kapan dan dimana kegiatan itu dilaksanakan Deskripsi hasil pengamatan deskripsi pengamatan dapat didukung dari informasi dari pihak terkait atau hasil wawancara dari narasumber.KesimpulanKesimpulan berupa ringkasan hasil pengamatan secara global.SaranBerupa kritikan atau masukan yang membangun, seperti contoh dari hasil pengamatan yang kurang baik dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.PenutupYang terakhir adalah penutup. Penutup bisa berupa harapan agar kedepanya kegiatan tersebut kedepanya bisa lebih baik.
Kegitan pengamatan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang, dan untuk mendukung agar hasil laporan lebih baik dapat pula disertakan foto-foto hasil dari pengamatan tersebut., agar hasilnya bisa lebih meyakinkan.
.

0 komentar:

Template by: Aaslin sathrak - BESTBLOG